Sabtu, 07 Januari 2012

SAKA KEROHANIAN

SAKA KEROHANIAN
Saka Kerohanian adalah satuan karya pramuka yang merupakan wadah kegiatan untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilamn praktis dibidang pekerjaan kerohanian menumbuhkan kesadaran untuk membaktikan dirinya dalam pembangunan nasional. Dulu saka ini pernah aktif di bawah binaan Kwartir Cabang Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan. Sekarang Saka Kerohanian sudah tidak ada lagi.





SAKA PEKERJAAN UMUM
Saka Pekerjaan Umum adalah satuan karya pramuka yang merupakan wadah kegiatan untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilamn praktis dibidang pekerjaan umum guna menumbuhkan kesadaran untuk membaktikan dirinya dalam pembangunan nasional. Dulu ini adalah salah satu saka yang cukup aktif yang berada di bawah binaan Kwartir Daerah Kalimantan Selatan. Sekarang Saka Pekerjaan Umum sudah tidak ada lagi.
Baru-baru ini juga ada sebuah konsep pembentukan sebuah saka baru. Saka ini diberi nama Saka Bhakti Bina Aksara. Saka ini berusaha membekali para anggota pramuka dengan berbagai kompetensi sehingga yang bersangkutan mampu mengabdikan diri pada masyarakat untuk ikut serta menangani kegiatan pemberantasan buta aksara (buta huruf), baik sebagai sumber belajar/tutor, nara sumber teknis, pengembang media pembelajaran, motivator, monitor, evaluator, dan supervisor maupun sebagai penyelenggara kegiatan kelompok belajar pemberantasan buta aksara (pendidikan keaksaraan). Keseluruhan konsep lengkap dengan krida-kridanya. Bahkan konsep ini juga sudah diujicobakan di beberapa Kabupaten di Jawa Timur. Entah akan benar-benar terwujud atau tidak juga belum tahu. Lebih jelasnya naskah konsep saka baru ini bisa didownload di sini.
Selain itu konsep mengenai pembentukan Saka Kewirausahaan dan Saka Jurnalistik juga sedang gencar-gencarnya diusahakan di Kwarda Jawa Barat. Mengenai beritanya dapat dilihat di sini.
Nah, lalu kakak-kakak sekalian para insan Pramuka. Akankah hanya akan berdiam diri statis dengan tetap memegang konsep dasar Pramuka saja? Padahal Pramuka sudah memberikan ruang lebih untuk mengembangkan kreatifitas, bakat, dan ide-ide kakak-kakak sekalian dengan terus mengikuti alur modernisasi dan perkembangan kehidupan yang ada di masyarakat. Salah satunya dalam bentuk Satuan Karya. Tentunya langkah cemerlang ini tidak akan kita sia-siakan begitu saja bukan? Mari kembangkan sayap Pramtka Indonesia! Tumbuhkan tunas bangsa! Terapkan melalui satuan karya!
Salam Pramuka!

0 comments:

Posting Komentar

Comment