Jumat, 13 Januari 2012

Cara Memperoleh Sitelink Di google

Tips Cara Mendapatkan Sitelink Google | Khamardos Blog
Hello sobat blogger, Apa kabar sekarang ini semoga selalu dalam keadaan sehat wal'afiat ya sobat. Ok, pada postingan saya yang lalu saya sudah sharing tentang alasan google merubah tampilan sitelink dan memberi penghargaan sitelink kepada beberapa blog (baca : Tampilan Sitelink Terbaru Dari Google).

Jika sobat sudah membaca artikel saya lainnya tentang update tampilan sitelink tersebut, maka berhubungan saya sudah mendapatkan sitelink akhirnya saya memberanikan diri untuk posting tips yang saya gunakan untuk mendapatkan sitelink dari google. Ok berikut adalah tips yang saya gunakan bagaimana cara mendapatkan sitelink google :

1. Kuatkan Kata Kunci (keyword) Blog Sobat
Tampilan Sitelink Terbaru Dari Google | Khamardos Blog
"Khamardos Blog"
Langkah pertama yang kita lakukan adalah memperkuatkan kata kunci yang sobat kuatkan di blog. Misalnya kata kunci (brand) blog ini adalah "khamardos" sehingga saya memperkuatkan kata kunci ini. Ada berbagai cara bagaimana cara kita memperkuatkan kata kunci ini, yaitu dengan menyisipkan kata kunci tersebut di postingan, sidebar, dll di blog sobat, bisa juga dengan berkomentar pada blog kawan-kawan sobat sebanyak mungkin #Seperlunya (Jangan melakukan spam) dengan komentar menggunakan NAME/URL , Selain itu, setiap penggunaan Anchor teks pada link exchange blog kita juga menggunakan kata kunci ini.



2. Jangan Sampai Ada Broken di blog
Periksalah template blog sobat, jangan sampai ada broken link, seperti kesalahan menggunakan tag HTML dan CSS dan lain-lainnya. Jika brokennya terlalu banyak usahakan perbaiki seminimal mungkin. Mengapa begitu ? Karena menurut saya akses yang mudah dan tanpa ada gangguan di blog kita membuat googlebots datang ke blog terus menerus. Selain itu usahakan menu navigasi kita teratur dan engundang banyak blogger untuk mengklik menu navigasi blog kita tersebut.


3. Traffik Yang Blog Tinggi
Salah satu faktor yang mungkin sudah sobat tahu dan syarat utama untuk mendapatkan sitelink dari google yaitu traffik blog yang tinggi. Cara yang saya lakukan disini yaitu dengan blogwalking ke blog-blog sobat, sambil baca dan bila perlu memberikan komentar ke artikel yang kita baca tersebut. Selain itu bisa juga dengan memanfaatkan fasilitas situs iklan baris, maksudnya disini adalah dengan memposting artikel kita ke beberapa situs pendukung untuk mendapatkan traffik pengujung dari pembaca situs tersebut, misalnya saya memanfaatkan fasilita Vlog untuk menghubungkan dan menambah traffik blog saya (baca : Tingkatkan Traffic Blog Lewat VLog | VIVANews).


4. Tingkatkan Kualitas Konten Blog
Ini lah yang terpenting, Saya berprinsip pada konsep "Content is the king, and SEO is Queen". Konten yang menarik tentu mengundang banyak pembaca atau pengunjung blog sehingga akan meningkatkan traffik blog kita (Lihat poin ke 3). Updatelah konten blog sobat secara teratur dan buatlah semenarik mungkin, jika memang harus copas harap menyertakan sumbernya namun saran saya lebih baik buat sendiri artikel kita tersebut karena google (Algortima Google Panda) sangat membenci yang namanya Scraping Konten (baca : Algoritma Terbaru Google - Google Panda membenci Duplikat Konten).


5. Optimasi SEO Blog Sobat
Lalu setelah berbicara tentang konten, barulah kita optimasi seo blog kita. Pada postingan sebelumnya saya sudah posting apa saja tips dan mengoptimasi blog yang baik (White Hat SEO) untuk blog kita (baca : Tips SEO Terbaru di Tahun 2011).


6. Tingkatkan Internal Link di Blog
link internal merupakan suatu link yang yang berada di suatu blog dan masih mengarah ke blog tersebut. Jadi, Usahakan membangun internal link di blog sobat, caranya bermacam-macam bisa dengan manual yaitu menyisipkan postingan lama di artikel terbaru sobat, atau jika cara yang otomatis dengan menggunakan fasilitas pendukung seperti Related Post (baca : Membuat Related Post di Bawah Postingan), Navigasi Breadcrumb (baca : Membuat Navigasi Breadcrumb Pada Postingan Blog), dan lain-lain yang intinya fasilitas tersebut mengarah ke artikel sobat.


Ok, mungkin itu saja yang saya lakukan bagaimana cara mendapatkan sitelink dari google. Beberapa kutipan bagi permasalah sitelink seperti masalah umur blog yang harus lebih dari setahun, dan blog harus mempunyai pagerank yang tinggi kemungkinan bagi saya tidak masalah, buktinya beberapa teman saya bisa mendapatkan sitelink google yang blognya baru berusia 6 bulan dan ada juga blog yang mempunyai pagerank 0 juga mendapatkan sitelink dari google. Mengapa bisa begitu, karena manfaat sitelink benar-benar di peroleh oleh google, selain mempermudah tapi juga membantu pembaca yang sedang mencari informasi yang dibutuhkannya di suatu blog.

.:: HAPPY BLOGGING SOBAT ::.

0 comments:

Posting Komentar

Comment