Minggu, 08 Januari 2012

JAMBORE DUNIA 1 (Olympia, England, 1920)


First World Jamboree Poster
From: Laszlo Nagy, 250 Million Scouts,
Geneva, WOSM, 1985

Laszlo Nagy, adalah Kepala Eksekutif Biro Dunia (World Organisasi Gerakan Pramuka) sepanjang tahun 1970-an. Bukunya 250 Juta Pramuka diterbitkan oleh Yayasan Pramuka Dunia pada tahun 1985. Hal ini terkait pertumbuhan Gerakan dan Organisasi Dunia. Dia menjelaskan tahun 1920 sebagai "sepuluh tahun yang menentukan" untuk Pramuka, dan menulis dari 1 Jambore Dunia:

    
Hal ini umumnya diterima bahwa tahun 1920 adalah masa paling penting dalam sejarah Pramuka. Dengan berakhirnya perang 1914-1918, sikap simpatik tapi sedikit mengejek publik berubah menjadi menghormati dan bahkan kagum ....

    
... Ini adalah waktu yang ideal untuk B.P. untuk memulai proyeknya untuk internasional yang besar "Jambore" - sebuah ungkapan yang jarang digunakan yang dipinjam dari bahasa slang Amerika dan makna pesta pora korsel, berisik atau kesenangan. Ini adalah bagaimana ia menggambarkan niatnya: "Saya ingin menjelaskan bahwa kata 'internasional' telah diperkenalkan ke dalam deskripsi Jambore dengan ide untuk menunjukkan bahwa kita menyambut untuk itu Pramuka dari seluruh bagian dunia, jika mereka bisa datang ... tidak hanya orang-orang yang sekutu dekat kami tetapi juga mereka yang tetap netral dan bahkan mereka yang untuk saat ini musuh-musuh kita di mana mereka ada. "

    
Prestasi besar organisasi, Jambore pertama diadakan dari tanggal 30 Juli hingga 8 Agustus 1920. B.P. sendiri memainkan peran penting sebagai Komisaris Jenderal. Sekretaris Pengorganisasian adalah AG Wade, seorang mantan Sekretaris Asosiasi kembali dari perang dengan pangkat Komandan. Seorang pria pertama-kelas, Wade tinggal bersama Pramuka untuk hidup. Istrinya Eileen juga tertangkap bug Pramuka dan sekretaris pribadi kepada BP selama 27 tahun.

    
Beberapa 8.000 Pramuka muncul dari 21 negara independen dan 12 dependensi Inggris. Tentang 5.000 berkemah, akomodasi yang beristirahat di rumah kos darurat atau di Olympia Hall besar di London di mana Jambore berlangsung. Perayaan berlangsung selama delapan hari. Nyaris tidak ada Jambore dalam arti istilah yang seksama, itu adalah kombinasi dari pameran, pasar malam dan parade pada skala yang luas dengan keragaman yang tak terbatas dari permainan, olahraga, keterampilan Pramuka dan menyanyi, dan panggung pertunjukan. Meskipun hujan deras, ini Jambore pertama adalah demonstrasi mengesankan persaudaraan Pramuka internasional. Hal ini membuktikan bahwa 12 tahun setelah berdirinya Gerakan dan hanya dua tahun setelah perang berakhir, Pramuka bisa menyatukan negara dalam satu seragam dan dalam semangat umum perdamaian dan persahabatan. Jambore itu dipandang baik oleh masyarakat. Kehadiran pemerintahan monarki dan dua pewaris takhta Inggris memberinya meterai persetujuan kerajaan dan membuktikan bahwa kepramukaan dianggap serius, bahkan di tempat-tempat tinggi.

    
Pada puncak perayaan, saran yang lucu dikemukakan oleh James E. Barat, Pramuka Kepala Eksekutif dari Boy Scouts of Amerika yang hadir di berlaku dengan kontingen tingkat tinggi. Seorang pengacara Amerika, Barat lain yang baru saja menerima tugas yang disebut terbatas enam bulan dengan Gerakan Pramuka dan mendapati dirinya masih ada 32 tahun kemudian. Proposal, dibuat setengah bercanda dan setengah serius, adalah bahwa BP harus dianugerahi gelar Kepala Besar India. B.P. menemukan ide lucu, tapi saat upacara inisiasi hari berikutnya, salah satu Pramuka muda di khalayak luas tiba-tiba berteriak "Hidup Kepala Pramuka Dunia." Teriakan itu diambil oleh ribuan, dan pada bulan Agustus ini, berkesan 6 1920, BP secara resmi diakui sebagai Ketua Pramuka Dunia.

0 comments:

Posting Komentar

Comment