Senin, 09 Januari 2012

Leadership (PRAMUKA)


Pemimpin merupakan factor penentu dalam menentukan hasil usaha yang dilakukan oleh suatu organisasi sehingga pada prinsipnya pemeimpinlah yang mempunyai kesempatan paling besar untuk “ merubah jerami menjadi emas “ atau “marubah tumpukan uang menjadi abu “ peribahasa tersebut diatas menjelaskan bahwa pemimpin merupakan factor utama / penting yang dapat menentukan maju mundur juga bisa hidup matinya suatu usaha bersama dan kepemimpinan merupakan kunci pembuka suksesnya organisasi/usaha.
TEORI KEPEMIMPINAN
Ada beberapa teori tentang kepemimpinan , dengan menonjolkan dari latar belakang histories (sejarah) , sebab-sebab timbulnya kepemimpinan , persyaratan menjadi pemimpin , sifat-sifat utama , tugas dari seorang pemimpin , dll .
LATAR BELAKANG SEJARAH
Kepemimpinan muncul bersama-sama dengan adanya peradaban manusia. Yaitu sejak nenek moyang manusia berkumpul bersama dan menjadi kerjasama antar manusia . Pada saat itu akan muncullah seorang manusia yang paling tua , paling kuat , paling cerdas , paling bijaksana atau paling berani yang menjadi pemimpin .
Sebab-sebab munculnya seorang pemimpin :
  1. Teori genetis , yang menyatakan pemimpin itu tidak dibuat , tetapi pemimpin itu timbul atau ada dengan sendirinya .
  2. Teori social , pemimpin itu harus disiapkan (meleui pendidikan), setiap orang bisa menjadi pemimpin bila mendapatkan pendidikan yang layak
  3. Teori ekologis (Sintesis ) , pemimpin yang sukses adalah pemimpin yang mempunyai bakat pemimpin dan kemudian dikembangkan melalui usaha pendidikan dan mengembangkan pengalaman
TIPE – TIPE (GAYA) KEPEMIMPINAN
Pemimpin itu mempunyai sifat , kebiasaan , temperamen , watak serta kepribadian sendiri yang unik dan khas sehingga berbeda dengan yang lainnya . Dan beberapa tipe yang baik dan tipe yang buruk . Atau malah ada juga yang merupakan gabungan dari keduannya , seperti contoh-contoh dibawah ini :
  1. Tipe Birokrat Adalah tipe seorang pemimpin yang bermoral rendah , tidak mempunyai loyalitas (rasa pengabdian/memiliki) dan tidak merasa terlibat.
  2. Tipe Birokrat Adalah tipe seorang pemimpin yang patuh , taat , cerdas dank eras dalam menegakkan peraturan .
  3. Tipe Missionaris Adalah tipe seorang yang terbuka , penolong , ramah , dan lembut hati .
  4. Tipe Defeloper ( Pembangunan ) Adalah tipe seorang pemimpin yang kreatif , dinamis , baik dalam pelimpahan wewenang juga percaya kepada para bawahannya .
  5. Tipe Otokrat Adalah tipe seorang pemimpin yang tegas tetapai cenderung kasar , sedikit bersifat ditaktoris , mau menang sendiri , keras kepala , angkuh dan bandel
  6. Tipe Benevolent Autocrat (otokrat yang baik) Adalah tipe seorang pemimpin yang baik , lancer dan tertib dalam melaksanakan peraturan juga ahli dalam mengorganisir .
  7. Tipe Compromiser (Pengkompromi) Adalah tipe seorang pemimpin yang sifatnnya mudah berubah (tidak tetap) pendirian dan lemah dalam mengambil keputusan .
  8. Tipe Eksekutif  Adalah tipe seorang pemimpin yang dapat memberikan motifasi serta menjadi contoh , tekun , pandangan serta wawasannya cukup luas .
  9. Tipe Kharismatik Adalah tipe seorang pemimpin yang mempunyai kelebihan daya tarik dan pembawaan tinggi . Dianggap oleh para pengikut / bawahannya . Bahwa pemimpin tipe ini mempunyai kelebihan , kekuatan yang luar biasa yang dapat membuat orang banyak kagum .
  10. Tipe Paternalistik (Kebapakan) Adalah seorang pemimpin yang mempunyai sifat kebapakan , suka melindungi tetapi jarang memberi kesempatan , banyak fantasi dan tidak mudah percaya pada orang lain .
  11. Tipe Militeristis Adalah tipe seorang pemimpin yang suka memerintah , menghendakai kepatuhan yang mutlak / sepenuhnya dari para bawahannya/anggotanya . Banya unsur formalitas kerja serta disiplin yang kaku.
  12. Tipe Administratif  Adalah tipe seorang pemimpin yang baik dalam menyelenggarakan  administratif seperti ketatausahaan yang rapi , berpikir  efektif dan efesiaen
SYARAT-SYARAT KEPEMIMPINAN
Hal ini dikaitkan dengan tiga hal yang penting , yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin yaitu :
  1. Kekuasaan
  2. Kewibawaan
  3. Kemampuan
Selain itu pula harus diperhatikan penguasaan konsep-konsep , potensi yang memiliki serta motifasi yang dapat ditimbulkan (Kadang-kadang ambisi juga diperlukan) .
Kepemimpinan harus mempunyai unsur kemampuan untuk mempengaruhi orang lain (bawahan/kelompoknya) Untuk melakukan suatu pekerjaan dalam mencapai suatu tujuan tertentu .
TEKNIK KEPEMIMPINAN
Dengan kemampuan dan keterampilantenis secara social , seorang pemimpin dapat menerapkan teori-teori kepemimpinan pada kegiatan sehari-harinya. Beberapa teknik kepemimpinan meliputi beberapa katagori , yaitu :
  1. Etika profesi pemimpin yaitu kewajiban yang dimiliki seorang pemimpin , bagaimana seharusnya tingkah laku seorang pemimpin dan pengembangan moralnya .
  2. Dinamika Kelompok , yaitu terjadinya interaksi (hubungan timbale balik0 antara setiap anggota kelompoknya .
  3. Komunikasi , arus informasi dan emosi yang tepat , penyampingan perasaan , pikiran , dan kehendak kepada individu (kelompok ) lain .
  4. pengambilan keputusan  (Decision making0 adalah suatu hal yang sangat penting bagi seorang pemimpin walaupun sebenarnya cukup sulit .
  5. Keterampilan berdiskusi (melakukan kompromi) diskusi berasal dari bahasa latin (Discusio) yang artinya memecahkan dalam berbagai potongan (bagian)nya , diskusi itu bertujuan itu bertujuan untuk memecahkan masalah untuk mencari jalan keluarnya dengan mengambil kesimpulan .
SIFAT-SIFAT PEMIMPIN
Pemimpin itu harus mempunyai sifat yang baik antara lain :
  1. kuat mental dan fisiknya
  2. bersemangat
  3. ramah tamah dan kasih saying
  4. jujur
  5. mempunyai kemampuan (keterampilan)
  6. tegas dan capat dalam mengambil keputusan
  7. cerdas dan bijaksana
  8. berpengalaman
  9. dapat dipercaya
  10. dapat mengendalikan emosinya (stabil)
  11. bersifat objektif dan adil
  12. bisa memberi perintah
  13. bisa menerima saran atau kritik
  14. memperhatikan kelompoknya
  15. menciptakan disiplin dengan memberi contoh

0 comments:

Posting Komentar

Comment