Kamis, 22 Desember 2011

Kerja Sama TNI AD dan Gerakan Pramuka.

Kerja Sama TNI AD dan Gerakan Pramuka.

ImageImageTentara Nasional Indonesia ( TNI-AD) dan Gerakan Pramuka telah menandatangani kerjasama dengan menerbitkan peraturan bersama bernomor : 182 / X / 2007 dan 199 tahun 2007 tentang kerjasama dalam usaha pembinaan dan pengembangan Pendidikan Bela Negara dan Kepramukaan.
Berdasar pada latar belakang yang memiliki kepentingan bersama , dalam upaya Gerakan Pramuka mendidik dan membina kaum muda Indonesia, yang berkepribadian, berwatak dan berbudi pekerti luhur serta menjadi warga Negara yang berjiwa Pancasila, setia dan patuh pada NKRI dan dalam rangka pembinaan ketahanan dan keamaman Negara maka perlu diatur aplikasinya dalam bentuk pendidikan bela Negara dalam kepramukaan.
Dalam hal ini Gerakan Pramuka dan TNI-AD secara bersama sama mengembangkan pendidikan Bela Negara dan Kepramukaan, TNI-AD berperan serta membantu secara aktif dan pengembangan gugus depan di kesatuan-kesatuan TNI-AD.
Selain itu Pendidikan Kepramukaan dijadikan materi kemampuan sebagai Pembina Pramuka Mahir di dalam masa pendidikan bagi Taruna Akmil TNI-AD. Sudah barang tentu mereka para Taruna selepas pendidikan Akmil akan memiliki keahlian sebagai seorang Pembina Pramuka Mahir ( Bersertifikat KMD).
Selanjutnya TNI AD dan Gerakan Pramuka melakukan kajian tentang berbagai ketrampilan khusus matra darat yang dapat dikembangkan bagi Gerakan Pramuka dalam pembentukan Saka Wira Kartika.

Dokumen Kerjasama dapat di download disini.

0 comments:

Posting Komentar

Comment